Tips Memilih/Membeli Power Supply Komputer

cara memilih power supply yang baikTips Memilih Power Supply Komputer Yang Bagus - Power Supply atau terkenal dengan sebutan PSU kadang hanya dijadikan komponen pelengkap tanpa memperhatikan kegunaan dari PSU itu sendiri. Padahal jika dilihat fungsinya, PSU mempunyai peranan yang sangat vital. Kalau ibarat tubuh, power supply atau PSU adalah jantungnya.
Power supply ibarat sebuah jantung bisa di artikan  juga komponen lain dalam komputer harus disuplai tenaga oleh jantung yang bagus dan sehat agar bekerja dengan semestinya, nah jantung yang sehat itu adalah power supply yang bagus. Hal yang paling sering menyebabkan terjadinya kerusakan pada komponen komputer sebagian besar adalah akibat power supply murahan denga kualitas kurang bagus. Karena itu, jangan menganggap enteng kebutuhan akan power supply yang berkualitas baik. Berikut cara memilih power supply yang berkualitas :
  • Cari power supply minimal 350 Watt keatas kisaran harga Rp. 400 ribu, 400 Watt harga berkisar Rp. 450 ribu sampai dengan Rp.500 ribu, sedangkan 500 Watt harga berkisar Rp. 600 ribu sampai dengan Rp. 850 ribuan.
  • Dari kualitas power supply, yang lebih berat itu lebih baik dari power supply biasa. Hal ini disebabkan karena power supply yang bagus menggunakan bahan–bahan terpilih, misalnya kabel-kabelnya memiliki serat tembaga yang lebih tebal, kapasitor yang ada didalamnya menggunakan kapasitor yang lebih banyak jumlahnya, dan lilitan kabel pada kumparan-kumparannya pun lebih banyak. Selain itu, power supply yang bagus, biasanya menggunakan kabel berlapis yang sering disebut dengan cable sleeving.
  • Power supply harus memiliki UL Number. UL number merupakan tanda produsen sebuah power supply. Dengan mengetahui identitas produsen/pabrik power supply tersebut kita dapat mengetahui apakah kualifikasi produknya telah bersertifikasi internasional. UL Number ini dapat di cek secara online lewat situs : http://www.ul.com/database/.
  • Memiliki label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan, melekat di body power supply. Jika kita mengukur dengan Voltmeter atau Ampere meter, spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis dengan yang hasil pengukuran yang tertera.
  • Mempunyai kemampuan lain, misalnya: Active PFC (Power Factor Correction), yaitu rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien komsumsi daya listrik.
  • Over Voltage Protection, yaitu kemampuan power supply untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik yang tiba-tiba.
  • Continuous Output, yaitu kemampuan power supply untuk memberikan daya setiap saat dibutuhkan.
  • Dan kemampuan lain yang biasanya berbeda-beda sesuai merk.
Demikianlah artikel tentang Tips Memilih atau Membeli Power Supply, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Related Posts:

0 Response to "Tips Memilih/Membeli Power Supply Komputer"

Posting Komentar