Cara Mengecek Kondisi Power Supply

Cara Cek Power Supply Yang Masih Hidup - Power Supply merupakan komponen berupa hardware pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mensuplai daya listrik ke seluruh komponen yang terdapat pada komputer. Tentunya tanpa Power Supply komputer tidak akan bisa menyala. Jika anda membeli Power Supply baru, maka anda perlu cek dahulu kondisi Power Supply tersebut, apakah berfungsi atau tidak. Atau jika anda menemui sebuah PC yang tidak mau menyala sama sekali, lalu ketika coba diperiksa dengan membuka casing CPU, dan terlihat kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka yang pertama anda cek adalah kondisi power supply. Karena bisa jadi penyebab komputer tidak menyala sama sekali ini disebabkan oleh tidak berfungsinya power supply.
cara cek power supply

Cara Mengecek Kondisi Power Supply PC bisa dengan cara jumper. Cara jumper maksudnya adalah menghubungkan langsung bagian kabel plus (+) dengan kabel min (-) pada konektor menggunakan media apa pun yang dapat mengalirkan listrik.

gambar cara jumper power supply

Konektor power supply mempunyai 24 pin yang dibagi menjadi 2 bagian. Yang satu memiliki 20 pin, dan yang satu lagi memiliki 4 pin. Sedangkan untuk Cek Kondisi Power Supply ini dilakukan pada konektor catu daya yang memiliki 20 pin.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan langkah-langkah Cek Kondisi Power Supply dengan cara jumper. Power supply jangan sedang dalam keadaan tersambung pada daya listrik dan perangkat apa pun karena bisa menyebabkan kerusakan atau korslet.

1. Siapkan sebuah kawat atau tembaga dari kabel bekas atau apa pun media yang bisa mengalirkan listrik, dengan ukuran tebal dan panjang yang secukupnya.

2. Perhatikan gambar di bawah. Sambungkan salah satu ujung tembaga pada pin dengan kabel berwarna hijau, atau pin nomor 14.


3. Lalu masukan atau sambungkan ujung tembaga lainya pada salah satu pin dengan kabel berwarna hitam, atau pin nomor 3, 5, 7, 13, 15, 16 atau 17.

4. Terakhir, sambungkan power supply dengan sumber listrik dari konektor yang telah disediakan dan lihat hasilnya.

Jika kipas pada power supply berputar, maka power supply masih berfungsi tapi saya tidak menjamin power supply dalam keadaan yang baik 100%. Namun jika kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka dapat dipastikan power supply tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Mungkin masih bisa diperbaiki, tapi sebaiknya diganti dengan yang baru.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengecek Kondisi Power Supply, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengecek Kondisi Power Supply"

Posting Komentar