Tips Memasang Heatsink

Cara Memasang Heatsink Pada Motherboard - Fungsi heatsink yaitu untuk membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink. Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gel penghantar panas. Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.
cara memasang heatsink

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk memasang heatsink dan processor pada motherboard komputer dengan benar, agar tidak terjadi kerusakan pada hardware tersebut. Berikut cara pemasangan prosesor pada socket :
  • Buka tungkai atau pengait pengunci pada socket zif yang ada di motherboard dengan menarik tungkai socketnya ke atas sampai membentuk sudut 90 derajat.
  • Masukan prosesor ke dalam socket dengan menjaga keadaan tungkai socket.perhatikan agar kaki-kaki prosesor dalam kondisi benar-benar tertancap pada socket.
  • Selanjutnya, tekan prosesor ke bawah sampai pada posisi yang tepat dan benar.
  • Jika prosesor selesai tertanam pada socket kembalikan tutup tungkai socket ke posisi semula.
  • Setelah prosesor terpasang socketnya pasang heatsink fan dan pengikatnya yang ada di heatsink dengan pengait yang ada di socket prosesor.
  • Sebelum itu biasanya di beri lem pendingin (thermal paste) untuk di oleskan di atas permukaan prosesor.
  • Setelah heatsink fan terpasang dengan benar. Hubungkan kabel heatsink fan dengan dengan konektor power suplay-CPU-fan yang berada di motherboard
  • Ambilah Thermal Paste dan lekatkan secukupnya pada bagian atas CPU. Thermal Paste merupakan media yang menghubungkan Heatsink dengan CPU agar lebih memudahkan transfer panas dari suatu CPU ke pendingin/Heatsing.
  • Setelah melapisi permukaan atas dengan pasta maka letakanlah Heatsink di atas CPU. Anda akan melihat 4 pins pada pada masing-masing pojok suatu heatsink.. Hal ini merupakan pengait yang akan menempel pada lubah yang ada pada motherboard.
  • Perhatikan empat lubang di motherboard - sedangkan orientasi dari heatsink dapat ke arah mana saja. Pilih dari masing-masing dari 2 pins secara diagonal, kemudian tekan ke bawah secara bersamaan. Tekan sampai anda mendengar bunyi "klik". Pin akan mengunci ketika kaki-kaki pin telah masuk ke motherboard.
  • Terakhir, sambungkan kabel power connector dari kipas/fan pada heatsink dengan sambungannya pada motherboard. Petunjuknya dapat dilihat pada label/keterangan tulisan " CPU Fan " pada motherboard.
Demikianlah artikel tentang Tips Memasang Heatsink pada Motherboard dan Processor, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Related Posts:

1 Response to "Tips Memasang Heatsink"