Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik dan Benar

Bermain komputer terlalu lama memang membuat semua badan terasa lelah. Sebelum menggunakan komputer, seharusnya kita harus mengetahui cara yang benar agar kita nanti tidak salah menggunakannya. Jika kita salah menggunakannya, maka akan berdampak sangat fatal untuk kesehatan jasmani maupun rohani kita. Oleh sebab itu kita tidak boleh mengabaikan ketentuan-ketentuan yang sudah diberikan kepada kita untuk menggunakan komputer dengan baik dan benar. Bagaimana cara menanganinya? berikut merupakan cara menggunakan komputer yang baik dan benar agar terhindar dari beberapa penyakit yaitu  :
  1. Pertama, pandangan mata disarankan agar monitor memiliki layar anti silau atau bisa memakai kacamata berwarna.
  2. Kedua, posisi tubuh siku dan lutut membentuk sudut 90’ dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut tinggi kita dapat memanfaatkan penyangga kaki.
  3. Ketiga, letak pergelangan tangan, jemari tangan dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.

Monitor

Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan,Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Letakkan monitor sedemikian rupa diruangan sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
  2. Letakkanlah monitor lebiih rendah dari garis hoizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.
  3. Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap
  4. Sering-seringlah mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering. Sesekali memandang jauh ke luar ruangan.

CPU ( Central Processing Unit )

  1. Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
  2. Tangan yang basah baik oleh air atau keringat tidak boleh langsung bersentuhan dengan CPU.
  3. Aliran listrik yang ada pada CPU dapat menimbulkan sengatan.

Kabel Komputer

Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat mengakibatkan kebakaran.

Keyboard

Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
 
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan:
  1. Keyboard hang / rusak
  2. Keyboard berlumut kekuning-kuningn dan tidak indah
  3. Hubungan singkat.

Pandangan Mata

Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandanagn fokus ke layar monitor memiliki layar anti silau atau memakai kacamata berwarna.

Posisi tubuh / posisi duduk

  1. Posisi tubuh kurang tepat membuat kurang nyaman
  2. Posisi kaki dapat menyanggah lantai
  3. Siku dan Lutut membentuk sudut 90 derajat
  4. Duduk tegak
  5. Keyboard sama tinggi dengan siku agar gerakan tangan dan jemari dapat
  6. mengurangi ketegangan otot dan persendian

Letak Pergelangan Tangan, Jemari tangan dan Lengan

  1. Pastikan pergelangan tangan, jemari tangan dan lengan dalam keadaan santai,
  2. tidak melangkung dan tegang
  3. Letak posisi yang benar dapat terhindar dari penyakit radang sendi (Repetitive strain Injury-RSI)

Beristirahat

Beristirahatlah selama 10 menit setelah berkerja 1 jam di depan komputer agar
mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat.
 
Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umum sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan…
 
Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia.
 
Hal ini tergantung dari berapa lama. Professor Joseph Sweere dari Northwestern Health Sciences University dan Charlotte J. Schmitz dari Ergontron. Posisi yang salah akan menyebabkan rasa sakit, dengan posisi layar monitor notebook lebih rendah dari kepala dan tangan harus lebih tinggi untuk mengetik umumnya dapat membuat sakit di 3 titik yaitu persendian tangan, tulang punggung dan tulang leher.Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar computer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan kearah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook
 
Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya mengunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak mengunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata penguna.

Posisi yang baik dan benar

Atur posisi badan anda

Posisi Badan Terhadap Monitor

usahakan badan anda selalu tegap jika didepan komputer, supaya tidak terjadi pembungkukkan pada tulang belakang. Pandangan anda dan monitor harus sejajar, jarak pandang antara monitor dengan mata sekitar 45cm s/d 70 cm.
 

Atur posisi komputer 

Posisi Komputer Ideal

Gunakan kursi yang memiliki sandaran, sehingga dapat menompang punggung yang baik. Gunakan monitor yang lebar, atur pencahayaan monitor senyaman mungkin untuk dipandang agar mata tidak cepat lelah.
 
Dalam penggunaan mouse usahakan agar pergelangan tangan tidak dalam posisi menggantung, yang baik pososonya sejajar antara mouse dengan pergelangan tangan dan posisi jari tatap lurus.
 
Cara memegang Mouse Yang Baik dan Benar

Dalam penggunaan keyboard sama seperti penggunaan mouse usahan posisi pergelangan tangan tidak menggantung. Saat menggunakan keyboard usahakan jari-jari tangan selalu sejajar ketika mengetik tombol-tombol di keyboard.


 

Luangkan waktu untuk beristirahat

Ini hal yang tidak kalah penting dari pada yang diatas. Selalu luangkan waktu untuk beristirahat dengan bergerak atau berolahraga kecil dan selalu perbanyak minum air putih untuk menambah energi ketika bekerja didepan komputer.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mengoperasikan Komputer Dengan Baik dan Benar"

Posting Komentar