Tutorial Memasukan Rumus Pada Microsoft Excel 2010

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengisi rumus pada Ms.Excel. Kita akan mencoba mengisi kolom-kolom di bawah ini menggunakan rumus yang ada dalam ms.excel
 
 
Langkah pertama adalah mengisi kolom pendidikan terakhir  yang diambil dari NIK 2 karakter  tengah, mis: PT-D101N ==> D1, dan didalam kolom pendidikan terakhir dapat kita isi rumus =MID(A9;4;2) dan tekan enter
 
Memasukan Rumus MID Pada Kolom Pendidikan Terakhir
 
 
Kemudian pada pojok cell akan muncul tanda  +  kita blok kebawah maka hasilnya akan seperti ini. 
 
HasiL rumud MID setelah di Copy paste
 
Langkah kedua :Kita akan mengisi kolom status  diambil 1 Karakter dari kanan pada NIK (N/B), maka pada kolom E9 kita masukkan rumus: =RIGHT(A9;1)  kemudian tekan enter, dan blok seperti langkah pertama
 
Cara Memasukan Rumus dari Karakter kanan
 
Langkah ke tiga: kita akan mengisi kolom tunjangan jabatan, : 20% * Gaji Pokok, Rumus: =20%*E9 dan tekan Enter.
 
Memasukan rumus gaji Pokok
 
Langkah ke empat: kita akan mengisi kolom Bonus : 15% * Gaji Pokok, Rumus yang digunakan : =15%*E9, dan tekan Enter.
 
Memasukan Rumus Bonus Gaji
 
Langkah ke lima: Kita akan mengisi kolom total gaji : Gaji pokok + Tunjangan Jabatan + Bonus, maka rumusnya : =SUM(E10:F10), kemudian tekan enter.
 
 
Langkah ke enam : kita akan mengisi kolom pajak gaji : 10% * Total Gaji, maka menggunkan rumus: =10%*H9, dan tekan enter.
 
Memasukan rumus Pajak gaji
 
Langkah ke tujuh: kita kan mengisi kolom gaji bersih : Total Gaji-Pajak Gaji. Rumus yang digunakan: =H9- I9 kemudian tekan enter.
 
Memasukan rumus Gaji Bersih
 
Langkah ke delapan:  kita akan mengisi kolom keterangan gaji, :Jika Gaji bersih lebih dari 600.000 ket gaji adalah "Tinggi", 500-600rb maka "Sedang", kurang dari 500rb maka "Rendah" . kita akan menggunakan rumus: =IF(J9>600000;"tinggi";IF(J9>500000;"rendah";"sedang")). Kemudian tekan Enter.
 
Memasukan rumus Keterangan gaji
 
 
Selanjutnya kita akan mengisi kolom banyak karyawan, maka pada kolom E20 kita masukan rumus=COUNT(E9:E18), lalu tekan enter, selanjutnya kita blok ke samping dan hasilnya seperti di bawah ini :
 
Memasukan rumus Banyaknya Karyawan (Count)
 
Pada kolom gaji terbesar pada kolom  E21 kita masukkan rumus : =MAX(E9:E18), lalu tekan Enter. Dan blok kesamping.
 
Memasukan rumus Gaji terbesar (MAX)
 
Pada kolom gaji terkecil di kolom E22 kita masukkan rumus : =MIN(E9:E18), dan tekan Enter. Blok ke samping.
 
 
Pada kolom Gaji Rata-Rata di kolom E23 kita masukkan rumus : =AVERAGE(E9:E18) tekan Enter, dan blok kesamping.
 
Memasukan rumus Gaji Rata - Rata (AVERAGE)
 
Terakhir kita akan menjumlahkan total gaji seluruhnya, yaitu menggunakan rumus : =SUM(E9:E18), lalu tekan Enter dan blok kesamping.
 
Memasukan rumus Total gaji Seluruhnya (SUM)
 
Dan hasilnya seperti dibawah ini.

Hasil Akhir dari Tutorial Memasukan Rumus Sederhana

Demikianlah Postingan kali ini mengenai "Tutorial Memasukan Rumus Pada Microsoft Excel 2010". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Related Posts:

0 Response to "Tutorial Memasukan Rumus Pada Microsoft Excel 2010"

Posting Komentar